Wednesday, March 16, 2016

Suara yang Luffy dengar adalah suara ? | Review Chapter 820

Cover Story


One Piece Chapter 820 di awali oleh Cover Story yang berhubungan dengan Chopper yaitu Kerajaan Torino tempat Chopper berlatih tentang ilmu medis selama 2 tahun. Tampaknya orang-orang di Kerajaan Torino terlihat sehat-sehat dan mereka merayakan harga buronan terbaru Chopper.


Hubungan Inuarashi dan Nekomamushi Dengan Roger

Setelah kita ketahui beberapa anggota kru Raja Bajak Laut, ternyata Inuarashi dan Nekomamushi pernah juga berada di kapal Raja Bajak Laut namun sebagai pengikut Oden. Mereka juga telah menaiki kapal Moby Dick milik Whitebeard sebelum menaiki Oro Jackson. Mereka berdua tidak lama berada di atas kapal Raja Bajak Laut sehingga mereka tidak mendampingi Roger sampai ke Pulau Raftel seperti Oden. Namun bagi Rayleigh, walaupun mereka tidak lama berada di atas kapal Roger mereka tetap dianggap sebagai Nakama sama halnya Crocus yang hanya bergabung dengan Raja Bajak Laut selama 3 tahun. Jadi Inuarashi dan Nekomamushi tidak mengetahui tentang Rahasia Dunia seperti halnya Oden.

Oden dari Negeri Wano

Oden mengenal Whitebeard dan Roger ketika mereka mendarat di Negeri Wano dan kemudian Oden berlayar bersama Roger. Tindakan Oden sebagai seorang Daimyo yang ikut berlayar bersama Bajak Laut belum pernah terjadi sebelumnya dan tindakan tersebut dianggap sebagai tindak kejahatan. Itu karena Negeri Wano merupakan Negeri yang terisolasi dari Dunia Luar sehingga apabila mereka meninggalkan Negeri Wano di anggap sebagai tindak kejahatan. Namun Oden tidak memperdulikan hal tersebut meskipun para bawahannya yang lain telah berusaha meyakinkan agar Oden tidak ikut berlayar bersama Bajak Laut. Itulah mengapa bawahannya yang lain seperti Kinemon, Kanjuro dan Raizo tidak mengikuti Oden karena mereka takut melakukan tindak kejahatan. Hal ini berbeda dengan Inuarashi dan Nekomamushi, mereka mengikuti Oden berlayar bersama Bajak Laut waktu itu karena mereka tidak berasal dari Negeri Wano.

Jalur Menuju Pulau Raftel

Pada Chapter 818 telah dijelaskan bahwa cara menuju Raftel adalah dengan mengumpulkan informasi pada 4 Road Poneglyph. Setiap Poneglyph menunjukan 1 tempat tertentu. Dari ke empat tempat yang disebutkan di dalam Poneglyph akan membentuk garis diagonal sehingga letak Pulau Raftel dapat ditemukan.

Lalu mengapa Crocus mengatakan bahwa dengan mengikuti Log Pose semua rute akan menjadi 1 dan menurut Nami disitulah keberadaan Pulau Raftel.

Yang dikatakan Crocus memang benar, karena dia telah mempelajari Rute tersebut dari Roger karena Roger adalah orang yang telah memperbaiki Rute tersebut ketika dia berhasil sampai di Pulau Raftel. Langkah pertama adalah dengan mempelajari Poneglyph yang terdapat pada pulau yang ditunjukan oleh Log Pose. Dengan seiring bertambahnya Poneglyph yang telah di artikan dan mengikuti Log Pose maka akan mengantarkan ke jalan menuju Raftel yaitu Road Poneglyph.

Momonosuke Pernah Bertemu Roger

Momonosuke mengatakan bahwa dia pernah berkenalan dengan Roger namun dia tidak terlalu mengingatnya. Hal yang dikatakan Momonosuke tentu saja mustahil karena Momonosuke baru berumur 8 tahun sedangkan Roger telah di eksekusi 22 tahun yang lalu.

Pertarungan Whitebeard dan Blacbeard

1 Tahun yang lalu telah terjadi pertarungan pembalasan antara Whitebeard dan Blackbeard. Marco yang memimpin pasukan Whitebeard yang tersisa melawan Blackbeard sehingga terjadi peperangan besar. Kedua kubu membawa pasukan penuh dan tentu saja aliansinya juga ikut, namun Marco mengalami kekalahan telak waktu itu sehingga Blackbeard mengambil alih posisi Yonkou. Sejak selesai pertarungan tersebut, para kapten dari anggota Whitebeard menghilang. Berita tersebut merupakan berita besar karena Franky dan Robin mengetahuinya. Namun Luffy tidak mengetahuinya, itu mungkin karena Luffy berlatih dipulau yang tidak ada penghuninya sehingga informasi yang dia terima sangatlah sedikit.

Perjalanan Berikutnya

Aliansi yang baru terbentuk ini akan dibagi menjadi 3 kelompok :

Kelompok 1 beranggotakan Inuarashi, Nekomamushi dan Suku Mink. Tujuannya yaitu pergi mencari Marco siapa tahu dia akan ikut membantu memperkuat kekuatan ketika berhadapan dengan Kaido. Namun Inuarashi mengatakan bahwa kemungkinannya sangat kecil.

Kelompok 2 beranggotakan Luffy, Nami, Chopper dan Brook. Tujuan mereka adalah pergi menuju Pulau Whole cake untuk menyelamatkan Sanji. Mereka juga pergi bersama Pekoms. Robin juga telah meminta Luffy untuk mengambil salinan Road Poneglyph milik Big Mom.

Kelompok 3 beranggotakan Bajak Laut Heart, Momonosuke, Kanjuro, Kinemon, dan Raizo. Tujuan mereka yaitu pergi menuju Negeri Wano untuk meningkatkan sekutu dan memulai persiapan untuk melawan Kaido. Mereka akan berangkat menggunakan kapal selam milik Bajak laut Heart agar tidak ketahuan. Robin juga akan pergi ke Negeri Wano untuk melihat Road Poneglyph milik Kaido.

Ketiga kelompok tersebut berjanji akan bertemu di Negeri Wano.

Serangan Jack dan Suara yang didengar Luffy

Di akhir Chapter terlihat Zunisha telah menangis itu karena Zunisha telah di serang oleh Jack. Jack bertujuan untuk membunuh Zunisha. Namun di saat yang bersamaan Luffy mendengar suara sesuatu.

Waktunya IMO

1. Bisa jadi yang Momonosuke temui waktu itu adalah Portgas D. Ace yang merupakan anak Gol D. Roger. Ketika itu umur Momonosuke masih 6 tahun sebelum eksekusi Portgas D. Ace.

2. Kelompok 1 : Menurut saya Marco awalnya Marco tidak ingin membantu Nekomamushi dan Inuarashi namun setelah mengetahui bahwa Luffy terlibat didalamnya maka Marco akan membantu Luffy. Alasan Marco membantu Luffy adalah karena di dalam diri Luffy terdapat harapan Ace dan juga perintah sang kapter sebelum meninggal adalah Lindungi Luffy.

3. Kelompok 2 : Kemungkinan Vivre Card yang diberikan Lola akan sangat berguna untuk menemukan Pulau Whole Cake tempat Big Mom mengadakan pesta minum teh.

4. Kelompok 3 : Robin tidak akan pergi sendiri ke Negeri Wano kemungkinan dia akan ditemani Usopp.

5. Menurut saya Ada 2 kemungkinan tentang suara yang didengar Luffy :

  • Bisa jadi suara yang Luffy dengar adalah Suara yang Momonosuke dengar sebelumnya ketika berjalan menuju Hutan Paus. Namun kemungkinan ini sangat kecil terjadi karena sebagian besar orang berpendapat bahwa suara yang di dengar oleh Momonosuke merupakan suara Road Poneglyph
  • Suara tersebut adalah Suara Sunny Go yang dalam Bahaya karena Sunny Go berada di kaki Zunisha sedangkan saat ini Jack sedang menyerang Zunisha. Sudah pasti Jack atau anak buahnya yang lain melihat Sunny Go ketika berada di dekat Zunisha. Jadi kemungkinan saat ini Sunny Go dalam bahaya, sehingga Sunny Go memberi tahukan lewat suara. Sebelumnya Franky mengatakan bahwa jiwa Merry Go tetap hidup didalam Sunny Go, itu berarti kemungkinan Klabautermann juga hidup didalam Sunny Go sehingga memungkinkan Sunny Go untuk bersuara. Menurut saya kemungkinan ke 2 ini sangat besar terjadi.

6. Saat ini 3 anggota SHP yang belum diketahui kemana tujuan mereka yaitu Zoro, Franky dan Usopp. Dan menurut saya orang yang akan menghentikan Jack adalah Zoro, karena Saat ini Zoro belum mempunyai tujuan akan kemana dia selain itu Zoro adalah orang yang paling fit setelah pertempuran di Dressrosa. Luffy tidak akan melawan Jack karena Luffy sudah tidak memiliki waktu lagi karena pesta minum teh Big Mom akan segera dilaksanakan sehingga dia harus bergegas pergi ke Pulau Whole Cake untuk menyelamatkan Sanji dan Luffy juga telah berjanji untuk mengambil salinan Road Poneglyph milik Big Mom. Jika benar Suara Sunny Go adalah suara yang Luffy dengar dan saat ini Sunny Go dalam bahaya maka Franky kemungkinan akan tinggal bersama Zoro untuk menyelamatkan Sunny Go yang sedang dalam bahaya. Sedangkan Usopp akan ikut bersama Robin karena tentu saja Robin tidak akan pergi sendirian tanpa ditemani anggota SHP lainnya. Apabila Zoro ditinggalkan sendirian maka dia akan menjadi tersesat karena buta akan arah.

7. Inuarashi sempat mengatakan bahwa dia memiliki senjata andalan, jika mereka bertempur lagi, mereka akan menunjukan kekuatan sejati suku mink. Menurut saya kemampuan tersebut tidak akan ditunjukan ketika melawan Jack namun kemampuan tersebut akan ditunjukan ketika bertempur melawan Kaido. Inuarashi dan Nekomamushi memang ingin bertempur melawan Jack setelah mengetahui Zunisha diserang oleh Jack, namun Luffy menghentikannya karena Zoro telah mengatakan bahwa dia yang akan mengurus orang tersebut.

Sekian pembahasan mengenai Chapter 820 semoga IMO sebagian besar betul.

6 comments: