Sunday, March 6, 2016

Keberadaan Road Poneglyph

Pada One Piece Chapter 817, muncul sebuah poneglyph. Poneglyph tersebut berbeda dari poneglyph yang biasa, Pada poneglyph yang biasa warnanya biru namun pada poneglyph yang ditemukan di dalam hutan paus yang terletak di Pulau Zou berwarna merah gelap.


Banyak orang yang berpendapat mengenai isi dari poneglyph yang terdapat di Pulau Zou. Karena pada poneglyph sebelumnya yang telah ditemukan Robin membahas tentang senjata kuno yaitu pluton di Alabasta dan posseidon di Shandora dan Fishman Island. Pada Poneglyph yang terletak di Fishman Island membahas tentang permintaan maaf JoyBoy. Dan ada juga Poneglyph yang membahas tentang Abad Kekosongan (Void Century) yaitu Poneglyph yang terdapat di Pulau Ohara.

Setelah terbitnya One Piece 818 terjawab sudah apa isi dari Poneglyph yang berwarna merah gelap tersebut. Isi Poneglyph tersebut bukanlah membahas mengenai senjata kuno melainkan membahas tentang cara untuk mencapai pulau terakhir yaitu Pulau Raftel sehingga Poneglyph tersebut di sebut sebagai Road Poneglyph.

Namun tentu saja tidak semudah itu untuk SHP pergi ke Pulau Raftel karena Inuarashi mengatakan bahwa ada 4 Road Poneglyph di dunia. Selain Road Poneglyph yang berada di Pulau Zou, ada 2 Road Poneglyph yang telah diketahui keberadaannya yaitu berada dimiliki oleh Yonkou. 1 Road Poneglyph dimiliki oleh Big Mom dan 1 lagi dimiliki oleh Kaido.

Kemungkinan Kaido mendapatkan Road Poneglyph dari Kerajaan Wano berhubung di Kerajaan Wano terdapat Klan Kouzuki yang menjadi pembuat Poneglyph dan Kerajaan Wano tidak berada dibawah naungan Pemerintahan Dunia. Kemudian Kaido berhasil menguasai Kerajaan Wano sehingga Road Poneglyph milik Kaido berada di Kerajaan Wano. Sedangkan Road Poneglyph milik Big Mom entah didapat dari mana dan kemungkinan besar Road Poneglyph milik Big Mom saat ini berada di Wholecake Island.

Dimana Letak Road Poneglyph terakhir ? Banyak pendapat yang beredar mengenai hal ini. Dan menurut saya Road Poneglyph terakhir ini dimiliki oleh Shanks. Mengapa saya mengatakan bahwa Shanks memiliki Road Poneglyph ?

Sebelumnya, Gol D. Roger pernah minum bersama dan bercerita bersama Edward Newgate (Shirohige). Pada perbincangannya tersebut Roger ingin memberitahukan tentang cara menuju Pulau Raftel namun Shirohige tidak tertarik dengan itu. Shirohige adalah orang yang dikatakan orang yang paling dekat dengan tahta Raja Bajak Laut namun dia tidak tertarik dengan tahta Raja Bajak Laut. Shirohige telah mengetahui bahwa tentang asal usul keluarga D karena roger telah menceritakannya.

Dalam percakapannya tersebut Shirohige telah mendengar bahwa suatu saat ada orang yang akan menggantikan tahtanya tersebut yang berasal dari keluarga D. Sehingga Shirohige menantikan orang yang dikatakan Roger tersebut. Selama masa penantian tersebut tentu saja Shirohige mencegah orang lain mendapatkan tahta Raja Bajak Laut. Cara mencegahnya yaitu dengan melindungi Road Poneglyph yang merupakan petunjuk menemukan Pulau Raftel. Hal itu tentu saja menghambat keinginan Kaido dan Big Mom untuk menemukan pulau Raftel karena di jaga oleh orang terkuat di dunia yaitu Shirohige.

Shirohige menguasai wilayah-wilayah yang menjadi tempat penyimpanan Road Poneglyph seperti Kerajaan Wano dan tidak menyebarluaskan keberadaan Road Poneglyph. Setidaknya menguasai 2 atau 3 dari 4 Road Poneglyph sudah cukup untuk menghambat orang menemukan Pulau Raftel. Setelah kematian Shirohige, Kaido dan Big Mom berusaha mengumpulkan informasi tentang keberadaan Road Poneglyph. Kaido berhasil memperoleh informasi bahwa Kerajaan Wano memiliki Road Poneglyph dan Klan Kouzuki mampu membaca tulisan pada Road Poneglyph. Kaido kemudian menyerang dan menduduki Kerajaan Wano dan berhasil mendapatkan Road Poneglyph.

Namun Kaido tidak dapat membacanya sehingga dia menyiksa Oden Kouzuki agar mau menerjemahkan isi Road poneglyph. Namun Oden menolak untuk menerjemahkan isi Road Poneglyph. Sebelum Kaido menyiksa Oden, Oden telah menyuruh Kinemon, Kanjuro dan Raizo untuk membawa Momonosuke ke Pulau Zou agar dapat selamat dari Kaido. Namun Kaido Mengetahui hal tersebut dan memerintahkan Jack untuk menangkap Momonosuke karena Kaido juga mengira bahwa Momonosuke yang merupakan putra Oden dapat membaca Road Poneglyph.

Begitu juga dengan Big Mom, dia juga berhasil memperoleh informasi tentang keberadaan Road Poneglyph, kemungkinan Road Poneglyph yang Big Mom temukan berasal dari salah satu bekas wilayah kekuasaan Shirohige.

Shanks yang telah mengetahui 2 Yonkou telah berhasil mendapatkan Road Poneglyph tidak tinggal diam dan mulai bergerak untuk mengamankan salah satu Road Poneglyph. Semasa Shirohige masih hidup, Shanks tidak menjaga Road Poneglyph karena dia telah mengetahui bahwa Shirohige yang merupakan orang terkuat di dunia telah menjaganya. Tujuan Shanks dan Shirohige sama yaitu mencegah orang lain menduduki tahta Raja Bajak Laut kecuali orang yang telah dinantikan Roger.

Aliansi Kid, Hawkins dan Apoo bertujuan ingin menjatuhkan Shanks. Bisa jadi alasan mereka ingin menjatuhkan Shanks karena mereka telah mengetahui bahwa Shanks tau bagaimana cara sampai di Pulau Raftel dan Shanks memiliki 1 Road Poneglyph

Apabila Shanks memiliki 1 Road Poneglyph maka alasan Luffy bertarung dengan Shanks di akhir cerita sebelum Luffy menjadi Raja Bajak Laut semakin kuat. Dan pada saat itu Shanks juga mengetes apakah Luffy memang benar-benar adalah orang yang Roger tunggu selama ini untuk menjadi Raja Bajak Laut.

Sekian Pendapat dari saya. Ini hanyalah sekedar pendapat yang bisa benar atau salah.

2 comments:

  1. logis sih, mengingat opa edward bilang ingin menjadikan ace sebagai raja bajak laut ... tapi karena kematian ace, opa edward berpaling untuk menyelamatkan satu-satunya pewaris D yang dia ketahui, yaitu luffy (opa tdk tahu ttg law, dan dia sudah tdk respect pda teach). pertemuan opa dengan shank salah satunya untuk menyerahkan 1 road poneglyph. shank juga percaya bahwa orang yang ditunggu kaptennya adalah luffy. lanjutkan bro analisisnya yang lain ... good job ...

    ReplyDelete