Sunday, October 16, 2016

Rahasia Gear 4th Luffy

Setelah melalui pelatihan yang dilakukan di Pulau Rusukaina selama 2 tahun, Luffy banyak menguasai berbagai teknik baru yang sangat kuat seperti Haki. Setelah tiba di Pulau Sabaody Archipelago, Luffy memperlihatkan bahwa dia mampu menggunakan Haki Kenbunshoku, Haki Busoshoku, dan Haki Houshoku. Selain dapat menggunakan Haki, Luffy juga memperlihatkan teknik baru yaitu Gear 4th.

Gear 4th pertama kali diperlihatkan ketika Luffy melawan Doflamingo. Karena Gear 2nd dan Gear 3rd yang telah di kombinasikan dengan Haki tidak mampu mengalahkan Doflamingo, maka Luffypun harus mengeluarkan teknik terbarunya yaitu Gear 4th Bound Man.

Gear 4th Bound Man sedikit berbeda dengan Gear 2nd dan Gear 3th. Pada Gear 2nd, kekuatan Luffy meningkat khususnya pada kecepatan, sedangkan pada Gear 3rd, Luffy dapat membesarkan anggota tubuhnya dan dengan dikombinasikan haki maka akan menghasilkan dampak yang sangat besar pada lawannya melebihi kekuatan gear 2nd namun kelemahannya adalah Luffy lamban sehingga ada celah untuk musuh menyerangnya. Dengan mengkombinasikan antara kecepatan Gear 2nd dan kekuatan pukulan Gear 3rd maka terciptalah Gear 4th Bound Man.

Setelah berhasil mengalahkan Doflamingo, Luffypun melanjutkan petualangannya dan akhirnya tiba juga di Pulau Kue. Di sini dia menghadapi lawan yaitu salah satu tangan kanan Yonkou yaitu Cracker yang memiliki harga buronan 800juta berry. Ketika telah melewati pertarungan yang berlangsung sekitar 11 jam, Luffy mengeluarkan mode terbaru daru Gear 4th yaitu Tank Man.

Dibalik 2 mode Gear 4th yang telah ditunjukan tersebut, ada sebuah rahasia, yaitu :

Luffy belajar di Pulau Rusukaina selama 2 tahun, pulau tersebut memiliki 48 musim yang berganti tiap minggunya. Selain itu, para penghuni pulau tersebut adalah hewan-hewan buas yang sangat besar, bahkan awalnya Luffy tidak dapat mengalahkan seekor gajah raksasa. Dan pada hari dimana Bajak Laut Kuja datang menjemput Luffy yang telah selesai latihan, kita melihat bahwa Luffy memiliki 3 hewan raksasa yang menjadi temannya selama berlatih disana yaitu Gorila, Buaya, dan Singa.


Namun, apa hubungannya teknik Luffy dengan ketiga hewan tersebut ?

Kemungkinan Gear 4th yang Luffy ciptakan meniru dari ketiga hewan tersebut karena ada beberapa kemiripan antara teknik Luffy dengan ketiga hewan tersebut.

1. Bound Man



Pada mode Bound Man, tubuh dan tangan Luffy membesar, namun kakinya tetap berukuran kecil sehingga dia tidak mampu berdiri di atas tanah, hanya saja dia menggunakan kakinya tersebut untuk memantul dan terbang.

Hampir seluruh permukaan tubuh Luffy dilapisi oleh Busoshoku Haki kecuali perut, dada, dan wajahnya, dan lebih uniknya lagi Busoshoku Haki tersebut dikombinasikan dengan perut yang lentur karena Luffy merupakan manusia karet dan juga menggunakan Houshoku Haki (Haki Raja) sehingga warna hakinya terlihat hitam kemerah-merahan (ini ditegaskan dengan perkataan trebol saat ketika terjadi bentrokan antara 2 pengguna Houshoku Haki terlihat aura hitam kemerah-merahan).

Cara memukul Luffy ketika menggunakan mode Bound Man adalah tangan atau kakinya masuk kedalam sama seperti sebuah pegas atau ketapel, dan ketika dilepaskan akan menghasilkan dampak yang sangat dahsyat bagi lawannya. Jadi Luffy tidak perlu lagi memanjangkan tangannyakebelakang untuk menghasilkan dampak yang dahsyat. Dalam mode Bound Man, Luffy juga terus-terusan mengeluarkan uap sama seperti ketika menggunakan Gear 2nd. Bahkan dalam mode Bound Man, Luffy juga dapat membesarkan tangannya seperti ketika menggunakan Gear 3rd.


Mode Bound Man yang Luffy ciptakan sepertinya terinspirasi dari Gorila yang menjadi temannya selama latihan karena ada beberapa kemiripan. Contohnya adalah nama serangan yang Luffy berikan yaitu Kong Gun atau King Kong Gun. Selain itu perubahan Luffy juga ketika berada dalam mode Bound Man ada kemiripan dengan Gorila tersebut yaitu tangan Luffy membesar sama seperti Gorila sehingga menghasilkan pukulan yang dahsyat. Jadi mode Bound Man sangat cocok digunakan dalam pertempuran karena menghasilkan kekuatan yang dahsyat.

2. Tank Man


Pada mode Tank Man, tubuh Luffy membesar dan berbentuk bulat seperti sebuah bola. Tank Man hampir mirip dengan Gomu-Gomu No Fusen namun ada beberapa perbedaan yaitu : pada mode Tank Man Tubuh Luffy di lapisi Busoshoku Haki kecuali dada dan kakinya sedangkan Gomu-Gomu No Fusen tidak. Selain itu, pada mode Tank Man kaki Luffy tidak dapat menginjak tanah, dia hanya dapat memantul-mantul seperti Bound Man sedangkan Gomu-Gomu No Fusen dapat menginjak tanah.

Luffy baru pertama kali menggunakan mode Tank Man dalam pertempuran dan baru 1 serangan yang dia gunakan yaitu Gomu-Gomu No Cannon Ball. Pada dasarnya Cannon Ball hampir sama dengan Kong Gun, namun pada Cannon Ball perut Luffy yang dapat masuk kedalam seperti pegas. Jadi sekuat apapun serangan yang dilakukan pada Luffy, Luffy dapat memantulkannya kembali karena kelenturan yang dia miliki.


Mode Tank Man yang Luffy ciptakan ini sepertinya terinspirasi dari salah satu dari ketiga hewan yang menjadi temannya yaitu Buaya. Dalam Mode ini, diperlihatkan Kemampuan Bertahan yang sangat baik, sama seperti buaya yang kulitnya keras. Namun tidak banyak yang bisa kita ketahui dari mode ini karena hanya baru 1 kali di perlihatkan.

3. Belum Diketahui



Mode Luffy yang ketiga belum diketahui ada atau tidak, namun apabila Bound Man dan Tank Man terinspirasi dari 3 hewan yang menjadi temannya maka sudah pasti Mode yang ketiga ini ada. Selain itu, saat Luffy melawan Doflamingo dia menggunakan Mode 1 Bound man, namun saat melawan Cracker, Bound Man tidak ada apa-apanya di hadapan armour Cracker sehingga dia menggunakan Mode 2 Tank Man. Dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa Luffy menghadapi lawan yang semakin kuat sehingga diperlukan teknik atau mode perubahan yang baru untuk menghadapinya.

Sekian dulu IMO tentang Gear 4th.

No comments:

Post a Comment