Thursday, January 28, 2016

Keluarga Vinsmoke

Sesuai dengan janji Eiichiro Oda bahwa Kisah Kelahiran Sanji Akan Terungkap Di Tahun 2016, di awal tahun ini cerita One Piece diramaikan oleh asal usul keluarga Sanji. Asal usul tentang keluarga Sanji ini memang sangat membuat orang menjadi penasaran sehingga banyak fans One Piece yang membuat prediksi-prediksi tentang keluarga Sanji tersebut. Sanji merupakan keturunan dari Keluarga Vinsmoke.

Namun sebenarnya siapa sih Ayah Sanji dan Keluarga Vinsmoke ?

Pada komik One Piece Chapter 812, terlihat Capone menyerang Pekoms. Namun Pekoms berhasil menghindari setengah dari serangan Capone sehingga dia terluka cukup parah. Capone meninggalkan Pekoms yang terluka di kampung halamannya Pulau Zou dan membawa Sanji sesuai dengan perintah dari Big Mom karena Sanji akan dinikahkan dengan putri Big Mom. Namun sebelum Sanji pergi, dia meninggalkan surat kepada teman-temannya.


Setelah terbitnya komik One Piece Chapter 814, Luffy membaca pesan yang Sanji tinggalkan kepada mereka. Setelah Luffy membaca pesan Sanji dia bertanya kepada teman-temannya apakah Sanji Akan Menikah ? Namun teman-temannya tidak mengetahui dengan pasti sehingga membuat Luffy ingin mengetahui kebenaran apakah Sanji akan menikah atau tidak. Untuk mengetahui kebenarannya, Luffy dan teman-temannya pergi menemui Pekoms untuk menanyakan tentang pernikahan Sanji. Pekoms merupakan salah satu anak buah Big Mom dan sepertinya jabatan Pekoms di Bajak Laut Big Mom cukup tinggi karena dia mengetahui tentang Ayah Sanji dan pernikahan Sanji.

Pekoms mengatakan kepada Luffy bahwa yang mengatur pernikahan tersebut adalah Big Mom dan kepala Keluarga Vinsmoke yaitu Ayah Sanji. Pekoms juga mengatakan bahwa Ayah Sanji merupakan orang yang sangat terkenal di Dunia Bawah dan keluarga Vinsmoke merupakan Keluarga Pembunuh.


Di dalam One Piece, Dunia Bawah merupakan tempat orang melakukan perdagangan secara ilegal seperti senjata pemusnah massal milik caesar. Pekoms bersama Tamago merupakan orang yang sering ikut terlibat di Dunia bawah sehingga dia mengetahui tentang Ayah Sanji. Terlihat di One Piece Chapter 677.


Menurut saya, Ayah sanji merupakan seorang yang memiliki bisnis cukup terkenal di dunia bawah sehingga dirinya terkenal. Bisnis itu merupakan bisnis penjualan Baja Wine. Baja Wine dapat digunakan untuk pembuatan senjata. Dalam Chapter 803, koala menyita senjata yang ditemukan di Dressrosa. Koala mengatakan bahwa di dalam senjata tersebut terdapat Baja Wine dan hanya sedikit negara yang memiliki Baja Wine.

Oda pun juga pernah mengatakan bahwa di dunia nyata sanji berasal dari Negara Prancis. Arti kata Vins dalam bahasa Prancis sama dengan arti kata Wine dalam bahasa inggris. Jadi tentu saja Keluarga Vinsmoke ada hubungannya dengan Baja Wine yang ditemukan oleh Koala pada Chapter 803.

Baja Wine bernilai sangat tinggi karena langkah dan hanya beberapa negara yang memilikinya. Namun ayah sanji memiliki pertambangan Baja Wine di negaranya dan dia menjualnya di dunia bawah sehingga dirinya sangat dikenal di dunia bawah. Baja Wine tersebut dibeli oleh Kaido dan dibuat menjadi senjata api yang kemudian diperdagangkan oleh Doflamingo kepada negara yang sedang berperang. Namun ketika Doflamingo dikalahkan Luffy, senjata yang Doflamingo perdagangkan disita oleh Pasukan Revolusioner sehingga negara-negara yang menjadi pembeli senjata tersebut kalah didalam peperangan.

Selain terkenal di dunia bawah , Di dunia atas mungkin saja ayah Sanji dikenal sebagai salah satu Tenryuubito karena dia mampu membuat poster buronan Sanji dicari hidup-hidup. Kelakuan Ayah Sanji ini sama seperti kelakuan Doflamingo. Doflamingo juga sangat terkenal di dunia bawah dengan nama joker karena dia memperdagangkan senjata dan buah iblis smile (buah iblis buatan). Selain itu di dunia atas, doflamingo mampu membuat berita kebohongan tentang pengunduran dirinya dari Shichibukai di surat kabar karena dirinya merupakan mantan Tenryuubito sehingga membuat dirinya dapat mengatur Pemerintahan Dunia.

Ayah sanji pasti memiliki tubuh yang kuat sama seperti anaknya yaitu Sanji. Sanji hanya bertarung menggunakan Kakinya sendiri. Mengapa bisa tubuh Ayah sanji kuat sedangkan dia adalah salah seorang Tenryuubito ? tidak semua Tenryuubito lemah, memang selama ini yang kita melihat bahwa Tenryuubito sangatlah lemah namun Doflamingo yang merupakan salah satu keturunan Tenryuubito memiliki Tubuh dan kekuatan yang kuat begitu juga dengan Sanji dan Ayahnya. Sanji selama bertarung tidak pernah menggunakan bantuan senjata ataupun kekuatan Devil Fruit.

Lalu kenapa Keluarga Vinsmoke disebut oleh Pekoms sebagai Keluarga Pembunuh ?

Menurut saya, ada 2 alasan sehingga Keluarga Vinsmoke disebut sebagai Keluarga Pembunuh :

1. Keluarga Vinsmoke memperdagangkan Baja Wine diduina bawah. Baja Wine tersebut adalah salah satu bahan yang dapat diubah menjadi senjata api dan dipakai di negara yang sedang berperang. Dalam peperangan tersebut tentu saja banyak menelan korban sehingga secara tidak langsung yang menyebabkan banyaknya korban yang terbunuh adalah Keluarga Vinsmoke karena mereka yang memperdagangkan Baja Wine.

2. Mungkin saja Keluarga Vinsmoke adalah keluarga mafia yang sangat terkenal. Mafia merupakan suatu perkumpulan yang bergerak di bidang kriminalitas (Menurut KBBI). Bidang kriminalitas bisa saja menyangkut pembunuhan, dan Keluarga Vinsmoke telah banyak membunuh orang-oreng sehingga Keluarga Vinsmoke dikenal sebagai keluarga Pembunuh.

Di dalam Manga One Piece, orang yang sangat identik dengan Mafia adalah Capone "Gang" Bege. Karakter Capone di dalam One Piece sangat mirip dengan Alphonse Gabriel "Al" Capone di dunia nyata. Alphonse Gabriel "Al" Capone adalah salah seorang bos mafia di Amerika Serikat. Di dunia nyata, Al Capone memiliki Saingan utama yaitu Dion O'Banion. Apabila didasari oleh Kisah Al Capone, Musuh Capone "Gang" Bege di One Piece bisa jadi adalah Ayah Sanji dari Keluarga Vinsmoke.

Big Mom sudah sejak dulu ingin mengikat hubungan dengan Keluarga Vinsmoke dengan cara pernikahan anatara anak mereka karena Vinsmoke merupakan salah satu penghasil Baja Wine. Big Mom mungkin tertarik dengan Baja Wine tersebut, sehingga ketika Big Mom menjadi keluarga dangan Vinsmoke tentu saja dia akan mendapatkan sebagian hak tentang Baja Wine. Ayah Sanji sendiri juga menginginkan adanya hubungan dengan salah satu Yonkou karena ketika dia telah menjalin hubungan dengan salah satu Yonkou maka perdagangan Baja Wine akan menjadi aman. Namun, sanji yang tidak menginginkan pernikahan tersebut dan ibunya yang membela sanji di bunuh oleh ayahnya sehingga Sanji melarikan diri dari keluarganya tersebut. Setelah sekian lama Ayah Sanji mencarinya namun tidak menemukannya, Ayah Sanji mengira bahwa Sanji telah mati akhirnya pernikahan itu pun tidak jadi dilangsungkan. Namun setelah peristiwa kekalahan Doflamingo akhirnya sanji pun diketahui oleh Ayahnya bahwa dia masih Hidup sehingga membuat poster buronan Sanji di cari hidup-hidup agar pernikahan yang telah lama tertunda dapat dilaksanakan.

Capone telah mengetahui bahwa Big Mom akan menikahkan putrinya dengan putra dari keluarga Vinsmoke. Sehingga dia mengambil kesempatan ini untuk melenyapkan musuhnya itu dengan cara mengikuti Big Mom dan membuat kesepakatan bahwa dia akan melenyapkan Keluarga Vinsmoke pada saat pernikahan Sanji dengan Putri Big Mom telah selesai dilaksanakan. Tentu saja Big Mom menerima tawaran Capone karena Big Mom akan mendapatkan sepenuhnya Baja Wine ketika Keluarga Vinsmoke dilenyapkan karena putrinya telah mengikat hubungan dengan Keluarga Vinsmoke


Selain itu, pada Chapter 124 yang berjudul Teh Yang Enak terlihat sanji membawa seuah koper yang bertuliskan The Secret dan Angka 1830 yang menunjuk ke arah tulisan Tsuru (Bangau). Di dunia nyata, tahun 1830 adalah kejadian yang mengakhiri masa pemerintahan Keluarga Bourbon Di negara Prancis yang dikenal dengan Revolusi Juli. Di dalam Keluarga Bourbon terdapat salah satu anggota keluarga yang ceritanya sangat mirip dengan kisah Sanji yaitu Louis Charles. Louis Charles dikabarkan meninggal pada saat dia kecil namun banyak orang yang mengatakan bahwa itu merupakan salah satu siasat agar Louis Charles terselamatkan dari para pemberontak. Bukan kah itu merupakan hal yang sama dengan kisah Sanji ? Sanji dikabarkan meninggal karena dia melarikan diri agar selamat dari pernikahan.

Dalam dunia nyata, Oda mengatakan bahwa Sanji berasal dari Negara Prancis. Berarti kisah sanji ini bisa saja didasarkan pada kejadian revolusi Juli yang terjadi di negara Prancis. Dan sangat kebetulan sekali bahwa tulisan tsuru yang Sanji tunjuk adalah salah satu nama dari Laksamana Madya Angkatan Laut yaitu Tsuru. Tsuru juga berasal dari North Blue. Apakah Tsuru ada kaitannya dengan Keluarga Vinsmoke ? atau Tsuru merupakan salah satu Channel Keluarga Vinsmoke di dalam Angkatan Laut sehingga Keluarga Vinsmoke bisa membuat poster sanji dicari hidup-hidup ? Bisa jadi seperti itu.

Apakah Sanji Akan Melanjutkan Pernikahannya ?


Jika Sanji melanjutkan pernikahannya ada 2 kemungkinan yang akan terjadi yaitu Sanji akan keluar dari Kru Topi Jerami atau Sanji tetap berada di Kru Topi Jerami tapi Kru Topi Jerami akan menjadi anak buah dari salah satu Yonkou, yaitu Big Mom. Tentu saja Luffy tidak ingin menjadi bawahan dan mengikuti perintah orang lain, namun Luffy mengatakan jika sanji keluar itu jauh lebih buruk daripada menjadi anak buah Big Mom. Zoro pun mengatakan bahwa jika dilihat dari surat yang di tinggalkan sanji, dia tidak mengatakan kata perpisahan sehingga Sanji pasti tetap akan kembali sesuai dengan pesan yang dia tinggalkan dan menghentikan pernikahannya. Namun, entah bagaimana kelanjutan dari One Piece karena Eiichiro Oda sering memberikan kita kejutan yang tidak terduga. Kita tunggu saja Chapter berikutnya.

Itulah pendapatku tentang Keluarga Vinsmoke dan Pernikahan Sanji.

3 comments:

  1. Mantap gan .. Jadi penasaran kita nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, kita tunggu aja keluaran komik terbarunya :D

      Delete
  2. Minta link untuk baca chapter terbaru yang udah ditranslate PLEASE

    ReplyDelete